KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Berkah dan Rahmah-Nya sehinga kami dapat menyelesaikan Pratek Pengalaman Lapangan (PPL) dan menyelesaikan laporan PPL, yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Pontianak, sehingga selesai dengan tepat wakunya.
Dalam kesempatan ini juga tidak lupa kami ucapkan terima kasih, kepad semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan PPL dan penyusunan laporan ini khususnya terima kasih kami smapaikan kepada :
1. Bapak Samion M.Pd selaku Ketua STKIP PGRI Pontianak.
2. Bapak dan Ibu Dosen Pembimbing :
a. Bapak Drs. Mastar Asran. S.Pd selaku Dosen Pembimbing Mahasiswa Program Studi PPKn.
b. Bapak A. Wahab, S.Pd selaku Dosen Pembimbing Mahasiswa Program Studi Matematika.
c. Ibu Dra. Sri Lestari. M.Pd Selaku Dosen Pembimbing Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling.
3. Bapak dan Ibu Guru Pamong
a. Ibu Zulfah. A.Md selaku Guru Pamong Bidang Studi PPKn.
b. Ibu Urai Zulharni. A.Md, selaku Guru Pamong Bidang Studi PPKn.
c. Bapak Syaiful Anwar. A.md, selaku Guru Pamong Bidang Studi Matematika.
d. Ibu Dra. Witarti selaku Guru Pamong Bidang studi Bimbingan Konseling.
e. Ibu Selaku Hanizah Guru Pamong Bidang Studi Bimbingan Konseling.
4. Bapak dan Ibu Dewan Guru serta Staf Tata Usaha SMP Negeri 5 Pontianak yang telah banyak membantu kami.
5. Para siswa/i SMP Negeri 5 Pontianak, dan
6. Serta semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan PPL dan penyusunan laporan ini.
Penyusun menyadari banhwa laporan ini masih banyak kekurangan oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan kritikan dan saran dalam penyempurnaan laporan ini, semoga laporan ini bermanfaat bagi kami, sekolah dan pembaca sekalian.
|
BAB I
PENDAULUAN
A. Latar Belakang
Untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan profesional diperlukan pendidikan, pengetahuan, keterampilan dan latihan secara sistematis sehingga diperlukan suatu pengalaman khusus serta keterlibatan berbagai pihak yang berwenang.
LPTK adalah suatu lembaga yang berperan untuk menyiapkan calon-calon guru yang profesonal dan berkualitas, yang tentu sangat diperlukan suatu pengelolaan khusus supaya mendapat tujuan yang dinginkan. Ada bebarapa hal yang diperlukan dikemukakan untuk pengelolaan kemampuan profesonal keguruan ini, yaitu ketentuan yang menyangkut pengertian dan sikap kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) serta penyelenggaraan kegiatan tersebut.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi Mahasiswa S-1, meliputi usaha yang dapat menumbuhkembangakan serta membina kemampuan dasar, mahasiswa dituntut untuk dapat menjalankan tugas profesionalnya sebagai guru. PPL bagi Mahasiswa S-1 merupakan salah satu program pendidikan dalam bentuk mata kuliah yang direncanakan untuk dijadikan suatu sasarn latihan bagi para calon guru untuk menguasai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi.
Melalui program PPL sangat diharapkan bagi semua mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikanya sebagia calon guru untuk memperoleh kemampuan dasar yang berbentuk keterampilan mengajar., dan dipraktikan juga dalam mata kuliah seperti metode, media pengajaran dan evaluasi yang berkenaan dengan interaksi belajar mengajar yang diwujudkan dalam bentuk pengajaran mikro serta mengajar yang merupakan bagian dari kegiatan PPL. Selain memperoleh pengetahuan tentang mengajar yang baik, mahasiswa juga mengetahui tentang latar berlakang sekolah struktur kegiatan sekolah.
Setiap sekolah memiliki sejarah atau latar belakang berdirinya sekolah tersebut, begitu juga engan “SMP Negeri 5 Pontianak”. SMP Negeri 5 Pontianak yang bertempat di JL. Hasanuddi No.12 Pontianak yang berdiri pada tanggal 26 Febuari 1966.
B. Dasar dan Tujuan PPL
a. Dasar PPL
1. Dasar Konseptual
1.1. Untuk membentuk keterampilan mutlak maka diperlukan pelatihan khusus.
1.2. Sesuai dengan tujuan intruksional yang terarah pada pembentuka tenaga guru yang profesional, maka diperlukan suatu latihan yang terprogram secara sistematis dalam bentuk PPL
2. Dasar Formil
2.1. Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.2. Buku pedoman STKIP PGRI Pontianak.
2.3. Kurikulum S-1 STKIP PGRI Pontianak.
b. Tujuan PPL
1. Dengan mengikuti PPL Mahasiswa calon guru diharapka dapat ;
· Menyusun Rencana Program Pengjaran dan alat evalusi yang relevan dan integrative dengan proses belajar mengajar.
· Mengelola kelas dalam proses belajar mengajar serta semua faktor atau komponen sebagi suatu sistem.
· Menyampaikan atau menyajikan materi dengan baik, dalam arti mengusai materi dengan menerapakan metode dan alat/media sesuai dengan kondisi kelas dan siswa.
· Menyelenggarakan tesdan melaksanakan evaluasi dengan baik.
· Membuat dan melaksanakan program bimbingan yang diperlukan oleh siswa.
2. Dapat membangun dan mengembangkan kemampuan mempraktekan sebagi administrasi maupun pimpinan dengan kemampuan dasar yang meliputi ;
· Membuat dan melaksanakan program sekolah secara makro.
· Menyelenggarakan administrasi sekolah.
· Menginterprestasikan data dan informasi secara tepat sehingga mampu mengambil keputusan yang efektif.
3. Dengan terlaksananya PPL diharapkan mahasiswa dapat menemukan dan memupuk aspek-aspek kepribadian yang positif yakni ;
· Kemempuan untuk mempercayai diri sendiri.
· Kemampuan melaksanakan komunikasi dengan anggota kelompok maupun dengan anak didik sendiri.
C. Program Kegiatan PPL
Program kegiatan PPL merupakan salah satu mata kuliah yang harus dilaksanakan, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa yang merupakan calon pendidik itu siap dan lebih berkualitas untuk tampil mengajar bila sudah terjun ke lapangan nantinya. Dalam mengembangkan tugasnya seorang calon guru dituntut tidak hanya tahu teori saja, namun lebih penting mampu melaksanakan tugasnya sebagia guru, oleh karena itu untuk membentuk kemampuan itu maka calon guru wajib mengikuti dan melaksanakan PPL.
D. Teknik dan Alat yang Dipergunakan
Adapun teknik serta alat yang diperlukan dalam melaksanakan pengumpulan data yang dipergunakan yaitu teknik langsung dan teknik tidak langsung.
1. Teknik Langsung
Yang dimaksud dengan teknik langsung adalah kita langsung melakukan pengamatan terhadap objek-objek secara langsung yang dilakukan oleh observer. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melihat langsung proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru.
2. Teknik tidak Langsung
Dalam memperoleh data ini dilakua juga teknik tidak langsung, hal ini dilakukan dengan cara mencri informasi yang dapat mendukung baik msecara lisan maupun secara tulisan sebagai bahan masukan dalam pengumpulan data. Di dalam penmgumpulan data digunakan beberapa alat yang sifatnya maupun untuk memperoleh data secara lengkap.
Adapun alat yang digunakan dalam melaksanakan pengumpulan data adalah ;
1. Wawancara
Dalam wawancara ini, observer mengadakan tatap muka dengan pihak yang diobservasi. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh data atau keterangan
2. Study Dokumenter
Study dokumenter adalah cara pengumpulan data dengan melakukan atau melihat dokumen-dokumen.
3. Observasi
Observasi adalah merupakan teknik untuk mengamati kemampuan secara langsung maupun tidak langsung mengenai kegiatan-kegatan yang dilakukan secara langsung baik disekolah maupun di luar sekolah.
BAB II
PROFIL SMP NEGERI 5 PONTIANAK
A. Latar Belakang Sekolah
1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 5 PONTIANAK
2. Status Sekolah : NEGERI
3. Nomor Stambuk Sekolah : 201136004005
4. Alamat Sekolah : JL. Hasanuddin No. 14 Pontianak Kel.
Sei Jawi Dalam Kec. Ponntianak Barat
Kalimantan Barat
5. Sk. Pendirian
Nomor : 103 / SK / B / III / 65-66
Tanggal : 26 Febuari 1966
6. Luas Tanah Keseluruhannya : 2.511 M2
Tanah tempat berdirinya bangunan SMP Negeri 5 Pontianak sekarang adalah asalnya tanah “Partai Parindra” yang diserahkan kepada Panitia Pembengunan Sekolah Menengah Negeri (SMP. N) IV, dengan Surat Kuasa tanggal 12 September 1964 yang ditanda tangani oleh salah seorang Pengurus Partai Parindra yaitu ; M. Usman Amsyah.
Penyerahan tahan tersebut sesuai dengan daftar No. 23 / 1957 / Perdata adalah kepunyaan Partai Parindra.
Tanah tersebut : Lebar = 30 meter
Panjang = 80 meter
Tanah ini terletak di jalan Kinibalu (sekarang jalan Hasanuddin) berbatasan :
1. sebelah selatan dengan jalan Kinibalu.
2. sebelah barat dengan gag. Parindra.
3. sebelah utara dengan tanah sekolah AL Wardah.
4. sebelah timur dengan rumah Penduduk.
Penyerahan tanah tersebut dari pihak pertama dalam ini adalah M. Usman Asyah (Partai Parindra) kepada pihak kedua dalam hal ini Panitia Pembengunan Gedung SMP.N IV Pontianak (Soegihardjo / ketua).
Penyerahan tanah tersebut hanya diperuntukan untuk membangun gedung sekolah. Akan tetapi dengan adanya “Surat Keputusan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan” tanggal 26 Febuari 1966 No. 103 / SK / B / III / 65-66 telah ditetapkan menjadi SMP Negeri 5 Pontianak di jalan Hasanuddin (sekarang ini).
Pada tanggal 15 Desember 1972 “Serah terima” antara Pengurus Yayasan Pembeangunan SMP 5 (dalam hal ini diwakili oleh Husin Acong) kepada Perwakilan Dinas P dan K Pontianak yang diwakili oleh Syafari.
Berdirinya SMP Negeri 5 Pontianak pada tanggal 26 Febuari 1966 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 103 / SK / B / II 65-66. Yang mana tempat penyelengaraan pembelajaraan/ kegiatan proses belajar mengajar pada saat itu di dua tempat / dua lokasi, yakni berdasarkan Surat dari Kepala Urusan SMP Kaliamantan Barat tanggal 26 November 1968, Np. 725 / Peg-4 / 1968 yaitu
- Gedung SMP Negeri 5 di Sei Jawi / Jl. Hasanuddin sebanyak 3 (tiga Lokal).
- gedung sekolah di Gang Hijas Pontianan sebanyak 4 (empat) lokal.
B. Sarana yang Ada di SMP Negeri 5 Pontianak
TABEL I
SARANA DAN PRASARANA
PADA SMP NEGERI 5 PONTIANAK
NO | SARANA | JUMLAH |
1. | Ruang belajar ( Ruang kelas) | 7 |
2. | Ruang kepala sekolah | 1 |
3. | Ruang Tata Usaha | 1 |
4. | Ruang Dewan Guru | 2 |
5. | Ruang Perpustakaan | 1 |
6. | Ruang Laboratorium | 1 |
7. | Lab. Komputer | 1 |
8. | Ruang Koperasi | 1 |
9. | Lap. Olah Raga / Lap. Upacara | 1 |
10 | Ruang wc Guru dan Siswa | 4 |
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PPL
A. Observasi Lingkungan Sekolah
SMP Negeri 5 Pontianak termasuk dalam wilayah Kec. Pontianak Barat, yang berada pada Jl. Hasanuddin No. 14. Adapun yang menjadi fokus observasi selama kegiatan PPL berlangsung, antara lain :
1. Keadaan fisik SMP Negeri 5 Pontianak
SMP Negeri 5 Pontianak memiliki fasilitas gedung da bangunan penunjang proses kegiatn belajar mengajar, yaitu;
a. 1 (satu) ruang Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan penerangan listrik, kipas angin, meja, kursi komputer satu set kursi tamu dan perlengkapan lai yang menunjang kegiatan kepala sekolah.
b. 2 (dua) ruang guru yang dilengkapi dengan penerangan listrik, kipas angin, meja, kursi, lemari buku, papan pengumuman, jam dinding, bak samah, dan perlenkapan lain yang menunjang kegiatan guru.
c. 1 (ruang) TU yang dilengkapi dengan penerangan listrik, komputer, mesin tik, meja, kursi, papan tulis yng memuat data siswa/i dan data guru, serta perlemngkapan lain yang menunjang kegiatan TU.
d. 7 (tujuh) ruang belajar yang dilengkapi dengan penerangan listrik, papan tulis, meja, kusri, bak sampah, dan perlengkapan lain yang menunjang kegiatan belajar mengajar.
e. 1 (satu) ruang perpustakaan yang dilengkapi dengan penerangan listrik, mej, kursi, lemari buku dan perlengkapan lain yang menunjang kegiatan perpustakaan.
f. 1 (satu) Laboratorium yang dilengkapi dengan meja, kursi dan perlengkapan lain yang menunjang kegiatan laboratorium.
g. 1 (satu) ruang laboratorium komputer yang dilengkapi dengan AC, meja, kursi, dan perlengkapan lain yang menunjang kegiatan.
h. 1 (satu) ruang dapur yang dilengkapi dengan penerangan listrik, kompor dal perlengkapan lain yang menunjang.
i. 1 (satu) buah lapangan volly.
j. 5 (lima) ruang Wc guru dan siswa/i
2. Kurikulum dan pelaksanaan
Kurikulum merupakan pedoman 8ntuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar disekolah. Kurikulum ini merupakan Keputusan Mentri Pendidikan. Seluruh sekolah baik negeri maupun swasta menggunakan kurikulum kurikulum standar isi (kurikulum 2006).
Berlangsungnya krikulum tersebut maka SMP Negeri 5 Pontianak mengikuti semua mata pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Kurikulum selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkem,bangan zaman dan perekembagan peserta didik yang disesuikan dengan keadaan sekitarnya.
Dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 5 Pontianak dilakukan 2(dua) kali dalam satu hari yaitu Pagi dan Sore, yang dikerenakan keterbatasan ruangan belajar dan sejak dimulai dibangunnya SMP Negeri 5 Pontianak belum pernah direnovasi hingga sekarang, serta dengan lingkungan SMP Negeri 5 Pontianak yang dekat dengan pasar.
Penilaian belajar menggunakan tes objektif dan tes uraian. Tes objektif diberikan dengan maksud untuk memperoleh hasil belajar yang objektif. Sedangkan tes uraian dimaksudkan untuk mengetahui tata nalar siswa dalam menyelesaikan masalah atau sosial.
3. Organisasi sekolah
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang merupakan organisasi kerjasama yang tersusu dengan baik, sehingga pendidikan dapat berlangsung dengan baik pula. Untuk itu diperlukan struktur organisasi sekolah sehingga dapat diketahui dengan jelas kepasa siapa seorang karyawan atau guru harus mempertanggung jawabkan hasil kerjanya.
Penanggung jawaban SMP Negeri 5 Pontianak adalah Kepala Sekolah. Dalam menjalankan tugasnya, kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang TU, wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan dibantu kordinator bidang mata pelajaran, wali kelas serta guru-guru yang bersangkutan.
B. Observasi Kelas
SMP Negeri 5 Pontianak memiliki keterbatasan ruang belajar sehingga proses belajar mengajar dilakkan dua kali sehari yaitu pagi dan sore, diantaranya ; Pagi digunakan kelas IX A, B, C, D, dan kelas VIII A, B, C; dan Sore digunakan kelas VIII D, E, dan Kelas VII A, B, C, D, E. Yang masing masing dipimpin oleh seorang ketua kelas yang dibantu oleh wakil ketua kelas, seketatis, bendahara, keamanan, dimana bertanggung jawab kepada wali kelas.
TABEL II
JUMLAH KESELURUHAN
SISWA/I SMP NEGERI 5 PONTIANAK
NO | KELAS | JUMLAH SISWA | JUMLAH | |
LAKI-LAKI | PEREMP[UAN | |||
1 | VII A | 18 | 24 | 210 |
2 | VII B | 13 | 29 | |
3 | VII C | 19 | 23 | |
4 | VII D | 17 | 25 | |
5 | VII E | 16 | 26 | |
6 | VIII A | 20 | 20 | 196 |
7 | VIII B | 24 | 16 | |
8 | VIII C | 21 | 21 | |
9 | VIII D | 19 | 17 | |
10 | VIII E | 21 | 17 | |
11 | IX A | 19 | 22 | 166 |
12 | IX B | 14 | 28 | |
13 | IX C | 24 | 17 | |
14 | IX D | 19 | 23 | |
J U M L A H | 582 |
C. Pelaksanaan Latihan Mengajar
Pelaksanaan latihan mengajar meliputi : penyusunan perangkat mengajar, latihan mengajar terbimbing, latihan mengajar mandiri dan ujian paraktek mengajar.
1. Penyusunan perangkat mengajar
Adapun yang dilakukan pada penyusunan perangkat mengajar yang diantaranya :
a. Program tahunan
b. Program semester
c. Rencana program pengajaran (RPP)
d. Rencana satuan layanan bimbingan konseling
2. Latihan mengajar terbimbing
Pada saat latihan mengajar, kami diberikan beberapa kali bimbingan oleh para guru pamong mata pelajaran masing-masing (sesuai dengan program studi) utnuk melanjutkan materi sebelumnya yang telah diajarkan, yang membimbing kami dengan memberika saran serta masukan yang memotivasi kami bagaiman cara mengajar dengan baik sesuai dengan GBPP dan kurikulum yang ada sehingga kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana sebagaimana mestinya.
3. Latihan mengajar mandiri
Latihan mengajra mandiri merupakan bimbingan daru guru pamong bidang studi, kami melaksanakan praktek mengajkar tanpa diawasi oleh guru pamong untuk melatih kemampuan yang kami miliki.
4. Ujian praktek mengajar
Ujian praktek mengajar dilaksanakan oleh mahasiswa yang bersangkutan dan diuji oleh guru pamong serta dosen pembimbing PPL. Jadwal ujian ditentukan berdasarkan kesepakatan antara guru pamong, dosen pembimbing dan mahasiswa yang bersangkutan. Sedangkam materi yang disampaikan merupakan melanjutkan meteri yang telah disampaikan.
D. Pelaksanaan Administrasi
1. Administrasi Sekolah
Administrasi sekolah merupakan bentuk kerjasama antara sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah dirancang dan direncanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
1. Administrasi personal
Administrasi personal adalah suatu hal yang sangat penting untuk mencari tujuan formal. Personal-personal yang dimaksud adalah tenaga profesional pendidik baik tenaga yang edukatif maupun yang administratif serta tenaga lain yang dijadikan rekan kerja agar berjalan dengan baik yang dapat membantu menggerakkan kelancaran dalam proses pendidiksn. Guru dalam ruang lingkup sekolah terdiri dari :
a. Guru tetap ialah guru yang diangkat dan diberikan wewenang berdasarkan Surat Keputusan dari Pemerintah.
b. Guru tidak tetap ialah tenaga pengajar yang diperbantukan untuk membantu guru tetap dan mendapat honorer di tempat ia mengajar.
2. Kelancaran kegiatan Kepala Sekolah Tata Usaha adalah merupakan alat penggerak yang membantu kelancaran aktivitas dan administrasi sekolah.
Tugas Tata Usaha dalam administratif sekolah antara lain :
a. Mengatur pembagian tugas guru yang tidak hadir
b. Menginvestasikan personel yang ada disekolah
c. Merencanakan formasi guru
d. Mengatur kesejahteraan sosial staf guru
Tabel III
Daftar Guru SMPN 5 Pontianak
No | Nama/NIP | Jabatan | Ijasah Tertinggi | Jurusan |
1 | Drs. Bujang Thaha Nip. 131258176 | Kepala SMP | S1 | Matematika |
2 | Dra. Hj. Rosmini Nip 520003624 | Guru Pembina | S1 | Administrasi Tehnologi |
3 | Hanizah Nip. 130355454 | Guru Pembina | D1 | Bahasa Indonesia |
4 | E. Sugini. SPd Nip 130539700 | Guru Pembina | S1 | IPA Fisika |
5 | Thamrin. A.Md Nip. 130539697 | Guru Pembina | D.III/A.III | Bahasa Inggris |
6 | Syafril Djafar Nip. 130608920 | Guru Pembina | D1 | Bahasa Inggris |
7 | Drs.. Abdul Karim.MT Nip. 130604480 | Guru Pembina | - | - |
8 | Munziri. S.Pd Nip. 130787083 | Guru Pembina | S1 | Bahasa Inggris |
9 | Muryadi Supriyanto Nip. 131684339 | Guru Pembina | D2 | Orkes |
10 | Dra. Lily Mariana Nip. 131578209 | Guru Pembina | S1 | PPKN (AP) |
11 | Chadidjah Da’ie Nip. 130537491 | Guru Dewasa Tk.I | D1 | Bahasa Indonesia |
12 | Aswarni Nip. 130683225 | Guru Dewasa Tk.I | D1 | Keterampilan |
13 | Ani Sri Rezeki, Amd Nip. 130781280 | Guru Dewasa Tk.I | D3/AIII | Bahasa Inggris |
14 | Neni Sufrida, Amd Nip. 131267529 | Guru Dewasa Tk.I | D2 | Bahasa Indonesia |
15 | Aspan, Amd Nip. 131267636 | Guru Dewasa Tk.I | D3/A III | Bahasa Indonesia |
16 | Nuraini. S.Pd Nip. 131422073 | Guru Dewasa Tk.I | S1 | IPS Ekonomi |
17 | Kamariah. SPd Nip. 131574284 | Guru Dewasa Tk.I | S1 | IPA Biologi |
18 | Fadillah. Amd Nip. 131262529 | Guru Dewasa Tk.I | D3/A III | IPS Ekonomi |
19 | Galu Nilawati. SPd Nip. 1317646641 | Guru Dewasa Tk.I | S1 | Matematika |
20 | Hasanah A.Razak. SPd Nip. 130893822 | Guru Dewasa Tk.I | S1 | IPS Ekonomi |
21 | Yunizar Amd Nip. 131258198 | Guru Dewasa Tk.I | D3/A III | IPA Biologi |
22 | Mariana. Amd Nip. 131259219 | Guru Dewasa Tk.I | S1 | IPS Ekonomi |
23 | M. Suharta Nip. 132132350 | Guru Dewasa Tk.I | S1 | Matematika |
24 | Tatie Mariatiek. Amd Nip. 131571222 | Guru Dewasa Tk.I | D3/A III | Bahasa Indonesia |
25 | Lani Kumala. SPd Nip. 131261756 | Guru Dewasa Tk.I | S1 | IPS ekonomi |
26 | Marhamah. SPd Nip. 131566857 | Guru Dewasa Tk.I | S1 | Matematika |
27 | Faridah Syeban Nip. 131261728 | Guru Dewasa | D1 | Menjahit |
28 | Dra. Witarti Nip. 130604584 | Guru Dewasa | S1 | Administrasi Pendidikan |
29 | Sudihati Nip. 130914563 | Guru Dewasa | PGSLP/D1 | Bahasa Indonesia |
30 | Hj. Sri Musrifah. Amd Nip. 131385544 | Guru Dewasa | D3/A III | Bahasa Indonesia |
31 | Urai Zuharni. Amd Nip. 131567360 | Guru Dewasa | D3/ A III | PPKN |
32 | Zulkiifli. Amd Nip. 131659707 | Guru Dewasa | D3/ A III | Orkes |
33 | Syaiful Anwar. Amd Nip. 131772024 | Guru Dewasa | D3/ A III | Matematika |
34 | Tuti Hanurita. SPd Nip. 131932739 | Guru Dewasa | S1 | Matematika |
35 | Iriani Nip. 130789901 | Kepala Tata Usaha | - | PGSLP |
36 | Zulfah. Amd Nip. 131388821 | | D3 | PPKN |
37 | Taufik Sulaiman. SPd Nip. 131571263 | | S1 | Bahasa Inggris |
38 | Syahniar. SPd Nip. 131834609 | Guru madya | S1 | IPS Ekonomi |
39 | Ratnawati. SPd Nip. 132275554 | Guru Madya Tk.1 | S1 | Bahasa Inggris |
40 | Nanik Kahirunnsa. SPd Nip 520015911 | Guru Madya | S1 | Geografi |
41 | Darmini. Amd Nip. 520020514 | Guru Dewasa | D3 | Sastra Inggris |
42. | Rukmini Ni.p 131277156 | Pegawai TU | SLTA | IPS |
43. | Hartini Nip. 131116581 | Pegawai TU | SLTA | IPS |
44. | Rita Suzana Nip. 131409379 | Pegawai TU | SLTA | IPS |
45. | Herawati Nip. 131696748 | Pegawai TU | SLTA | IPS |
46. | Hajimin Nip. 131268413 | Pegawai TU | SLTA | KPPA Perkantoran |
47. | Rosdiana Nip. 130515882 | Pegawai TU | SLTA | KPPA Perkantoran |
48. | Harita Nip. 131576918 | Pegawai TU | SLTA | KPPA Perkantoran |
49. | Murni Nip. 131576918 | Pegawai TU | SLTA | KPPA Perkantoran |
50. | Harianto Nip. 130913507 | Pegawai TU | SD | - |
51. | Misda. Sag Nip. 1502828663 | Guru agama | S1 | Agama Islam |
52 | Latifah Daeng Alwi Nip. 150110335 | Guru Agama | PGAN | Agama Islam |
53 | Lidwina wiwin | - | SMA | Bahasa Inggris |
54 | Sudiyono. Sag Nip. 150372619 | - | S1 | Agama Budha |
Queen Casino Review in 2021 | Claim Your $200 Bonus
BalasHapusQueen Casino is your top online gambling platform in the United States. Get your chance link 12bet to play and vua nhà cái win クイーンカジノ real money with top-notch bonuses from