Rabu, 05 Oktober 2011

CONTOH LAPORAN KKM


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan pada  dasarnya bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan  manusia seutuhnya, yaitu manusia yang cerdas, memiliki ketrampilan dan pengetahuan serta berbudi pekerti luhur dan mulia dengan dasar iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal inilah yang tekandung dalam tujuan pendidikan nasional dari Undang- Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan  Nasional  Nonor 20 Tahun 2003, pasal 3 yang menyatakan bahwa :
“Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat , berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”(Depdiknas .2003: 8)

Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, maka pendidikan pada dasarnya adalah merupakan suatu tahapan kegiatan berproses, diwahadahi oleh suatu lembaga mulai dari tingkat anak-anak hingga ke perguruan tinggi baik yang berstatus negeri maupun swasta yang bergerak dalam bidang program keguruan dan ilmu kependidikan dan ini bertujuan menjadikan mahasiswa mahasiswa yang menimba pendidikan akan menjadi guru guru yang professional di kemudian hari ketika telah kembali kepada lingkungan masyarakat yang membutuhakan. Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, sudah seharusnya STKIP-PGRI Pontianak memiliki srategi yang efektif dan relevan dalam segala bidang, dengan keadaan dewasa ini agar dapat meningkatkan daya saing terhadap perguruan tinggi lainnya, mengingat lembaga ini memiliki potensi yang cukup banyak apabila dilihat dari komposisi mahasiswa yang mengambil program studi Ilmu Pendidikan P.IPS PPKn, Bimbingan Konseling, P. MIPA, dan Matematika.
Kuliah kerja mahasiswa (KKM) STKIP PGRI PONTIANAK tersebut dibagi dalam dua tahap yaitu :
  1. KKM Intern, yaitu KKM yang dilaksanakan dilingkungan kampus STKIP PGRI Pontianak.
  2. KKM Ektern, yaitu KKM yang dilaksanakan diluar kampus STKIP PGRI Pontianak atau dilingkungan masyarakat.
Pelaksanaan KKM intern difokuskan pada lingkungan kampus STKIP PGRI Pontianak guna membenahi lingkungan kampus sedemikian rupa sehingga memberikan daya tarik dalam proses kegiatan belajar mengajar  dan kenyamanan bagi mahasiswa dalam pembangunan dan fasilitas dengan tujuan dapat mendukung kelancaran mahasiswa dalam setiap urusan. Sedangkan KKM Ekstern dilaksanakan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar secara langsung dapat memahami dengan baik berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat, selain itu kegiatan KKM Ekstern merupakan sarana interaksi antara mahasiswa dengan masyarakat, juga mahasiswa dapat memberikan sumbangsihnya berupa material, tenaga, dan pikiran guna memotivasi masyarakat agar dapat meningkatkan pembangunan daerahnya. Dilain pihak masyarakat memberikan bantuan dan masukan kepada mahasiswa berupa pengalaman langsung (empiris) di lapangan.
Dengan alasan tersebut diatas KKM Ekstern dilaksanakan dengan mengambil salah  satu lokasi yang merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Barat yaitu di Kelurahan  Sungai Rasau  Kec. Singkawang Utara. Mengingat lokasi ini cukup jauh dan peserta KKM 2008 cukup banyak, maka tranportasi yang digunakan yaitu alat angkutan darat (mobil bis umum).
B. Tujuan
1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari pelaksanan KKM Ekstern di Kelurahan Sui. Rasau Kecamatan Singkawang Utara tahun 2008, yaitu:
a)      Untuk merealisasikan  Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke-3 yaitu  pengabdian pada masyarakat.
b)      Untuk mengaplikasikan antara teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan penerapannya dalam kehidupan masyarakat secara langsung.
c)      Menjembatani hubungan langsung antara STKIP PGRI Pontianak dengan masyarakat sehingga terjalin kerjasama yang baik.
d)     Melatih mahasiswa untuk dapat memupuk rasa  tanggung jawab dan cinta tanah air, sehingga mendorong keberhasilan pembangunan nasional.
e)      Untuk memperkenalkan  STKIP PGRI Pontianak lebih luas kepada masyarakat sehingga dapat menyentuh keseluruhan daerah yang ada di Propinsi Kalimantan Barat
2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari pelaksanaan KKM ekstern ini adalah untuk mendapatkan kejelasan secara objektifitas serta informasi tentang
a)      Sejarah singkat lokasi KKM
b)      Gambaran umum lokasi KKM
c)      Kondisi geografis loksai KKM
d)     Kondisi sosial masyarakat lokasi KKM
C. Pendekatan
Pendekatan yang digunakan dalam menyusun laporan hasil pelaksanaan KKM ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriftif, yaitu pendekatan yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara.
  1. observasi
obsevasi dilakukan untuk mendapatkan data langsung di lokasi KKM, diantaranya dilakukan di Kantor Kepala Lurah  Sungai Rasau Hilir , Masjid Nurul Yaqin , dan beberapa rumah tokoh / pemuka agama maupun masyarakat Desa Sungai Rasau Hilir .
  1. wawancara
wawancara  ini dilakukan dengan beberapa tokoh masyarakat yaitu:
a)      Bapak Kepala Lurah Sungai Rasau
b)      Tokoh pemuka agama masyarakat Kelurahan  Sungai Rasau
c)      Tokoh Pemuda Kelurahan  Sungai Rasau








BAB II
GAMBARAN UMUM
A. Sejarah singkat Kelurahan  Sungai Rasau
Panitia KKM tahun 2008 STKIP PGRI Pontianak, menempatkan kelompok XX di Sekolahan Dasar Negeri 09 Sui. Rasau, sungai rasau adalah sebuah kelurahan yang ada di Kota Singkawang yang terdiri dari 26 kelurahan , Kelurahan Sui. Rasau merupakan wilayah Kecamatan Singkawang utara . memang kami dari kelompok XX tidak mendapat banyak informasi tentang sejarah Kelurahan sungai rasau ini, namun dari informasi yang kami peroleh dari salah satu sesepuh di sungai rasau yang bernama Bapak Kancil. Pak Kancil  merupakan warga keturunan Tionghoa, beliau banyak tahu tentang Desa Sui. Rasau.menurut penuturan beliau nama kelurahan sui Rasau resmi diambil dari nama sebuah sungai.dikelurahan tersebut jadi mengapa dinamakan sungai rasau karena dulunya sungai tersebut banyak tumbuh pohon rasau. Pohon rasau adalahjenis pohon yang menyerupai pandan, namun pohon rasau berukuran lebih besar dari pandan, dan pohon rasau ini bisa tinggi dan mempunyai batang dan daun yang berduri.
 Pohon rasau  biasa tumbuh ditepi-tepi sungai dan rawa maka dari itu karena sungai tersebut banyak ditumbuhi pohon rasau maka disebutlah sungai itu dengan sebutan sungai rasau hingga akhirnya menjadi sebuah kelurahan.
Pada awalnya sungai rasau ini bukanlah sebuah kelurahan melainkan sebuah desa, karena sungai rasau dulunya adalah wilayah Kab. Sambas setelah ada pemekaran wilayah maka Desa Sui. Rasau menjadi kelurahan Sui. Rasau.


B. Keadaan Geografis
Keadaan geogarfis kelurahan Sui. Rasau kecamatan Singkawang Utara dapat dilihat dari beberapa aspek antara lain:
1.      Luas wilayah
Luas wilayah kelurahan Sui. Rasau Kec. Singkawang Utara mencapai 636 Ha atau 1,26 % dari luas kota Singkawang, dengan batas wilayah Kelurahan Sui. Rasau adalah sebagai berikut :
·         Sebelah Utara berbatasan dengan Kel. Setapuk Kecil
·         Sebelah Selatan berbatasan dengan Kel. Sungai Bulan
·         Sebelah barat berbatasan dengan Kel. Sungai Bulan
·         Sebelah timur berbatasan dengan Kel. Semelagi Kecil.
2.      Kondisi Topografi
Kondisi topografi Kel. Sui. Rasau kecamatan Singkawang Utara merupakan daratan yang merupakan dataran rendah terletak pada ketinggian 0-12 meter dari permukaan laut dengan kemiringan 0-2 %. Iklim Sui. Rasau merupakan iklim tropis yang memiliki curah hujan cukup tinggi yaitu rata-rata 2.780 mm pertahun dengan rata-rata 134 hari hujan pertahun. Curah hujan relatif tinggi terjadi pada bulan April ,Juli, oktober, desember dengan 20 hari hujan. Keadaan iklim udara berkisar antara 21,8 c – 30,5 c  dan masih dipengaruhi oleh angin muson dan perubahan iklim laut.



3.      Polar  (jarak dari pusat pemerintahan)
Dari sudut polar jarak tempuh desa Sui. Rasau Kec. Singkawang Utara dari kelurahan ke pusat pemerintahan kota ± 6 km. Dari Kelurahan Sui. Rasau dan Kel. Naram dan SKIEP lama Kec. Singkawang tengah.
4.      Kompersi Penduduk dan Pendidikan
Kelurahan Sui. Rasau memiliki jumlah penduduk 1012 jiwa yang menempati beberapa memiliki delapan RT. RT : 1, 2, 7 dan RT 8 berada di Sui. Rasau hilir  sedangkan RT 3 , 4, 5 dan 6 berada di Sui. Rasau hulu. Dari jumlah penduduk menganut agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, penganut agama islam adalah mayoritas dari jumlah penduduk. Disamping itu dilihat dari aspek mata pencaharian mayoritas adalah petani dan nelayan dan komoditi pertanian yang utama adalah jeruk yang cukup luas, selain itu juga ada jagung, sawo dan cabe.
Untuk pendidikan dapat diperoleh data sebagai berikut :
a)      Bidang pendidikan umum yang meliputi pendidikan TK, SD, SMP, dan SMA baik negeri maupun swasta.
Berdasarkan data kependidikan yang ada di Kec. Singkawang Utara, khususnya di Kelurahan Sui. Rasau tercatat sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar