Rabu, 05 Oktober 2011

contoh laporan ppl

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Berkah dan Rahmah-Nya sehinga kami dapat menyelesaikan Pratek Pengalaman Lapangan (PPL) dan menyelesaikan laporan PPL, yang dilaksanakan di SMK BINA UTAMA Pontianak, sehingga selesai dengan tepat wakunya.
Dalam kesempatan ini juga tidak lupa kami ucapkan terima kasih, kepad semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan PPL dan penyusunan laporan ini khususnya terima kasih kami sampaikan kepada :
1.      Bapak Samion M.Pd selaku Ketua STKIP PGRI Pontianak.
2.      Bapak Syafrial Nur, SH. M.Pd selaku Dosen Pembimbing Mata Kuliah PPL.
3.      Bapak Karno, S. Pd selaku Kepala SMK BINA UTAMA Pontianak.
4.      Bapak Sumradi. S. Pd,  selaku koordinator PPl.
5.      Bapak Drs. Harjito,  selaku Guru Pamong Pendidikan Kewarganegaraan.
6.      dewan guru serta staf tata usaha SMK BINA UTAMA Pontianak.
7.      Siswa/i SMK BINA UTAMA Pontianak.
8.      Serta semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan PPL dan penyusunan laporan ini.



Pontianak,    Januari 2007



Mahasiswa PPL
 
Penyusun menyadari banhwa laporan ini masih banyak kekurangan oleh karena tu penyusun sangat mengharapkan kritikan dan saran dalam penyempurnaan laporan ini, semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis, sekolah dan pembaca sekalian.
     

















BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan sebagai salah satu syarat utnuk menempuh kelulusan mahasiswa di perguruan tinggi, seperti STKIP-PGRI Pontianak, dan mata kuliah tersebut merupakan salah satu mata uliah yang diwajibkan untuk mengikuti atau diambil setiap mahasiswa.
Dalam pelaksa­naan praktek pengalaman lapangan, mahasiswa lebih dahulu telah dibekali mata kuliah mikro dilingkungan kampus STKIP-PGRI Pontianak, dan pengetahuan pendidikan lainya yang berhubungan dengan mata kuliah tersebut, sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sumberdaya yang berkualitas bagi mahasiswa khususnya dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Segala kegiatan akademik PPL mempunyai dasar yang merupakan pokok landasan untuk melaksanakanya dengan maksud supaya hasil-hasil yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan terutama sebagai pelaksanaan kurikulum STKIP-PGRI Pontianak yang harus dipenuhi semua mahasiswa. Adapun dasar pemikiran pelaksanaan PPL, adalah :
  1. Untuk memenuhi kurikulum STKIP-PGRI Pontianak, khususnya PPL itu sendiri.
  2. Kesediaan sekolah-sekolah yang telah ditunjuk untuk menerima mahasiswa PL untuk menjadi tempat latihan.

B.     Maksud dan Tujuan PPL
Adapun maksud dan tujuan utama dalam palaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), yaitu mampu menerapkan kemampuan dasar bagi mahasiswa khususnya STKIP-PGRI Pontianak supya nantinya dapat mewujudkan keprofesionalan sebagai seorang guru dimasa yang akan datang. Agar lebih jelasnya tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai berikut
1.      Agar mahasiswa dapat m­­enyusun perangkat mengajar dengan baik, yang sesuai dan relevan dengan kondisi lingkungan kelas.
2.      Agar mahasiswa dapat menguasai kelas dan menyampaikan materi pelajaran dengan baik dan memahami kondisi siswa agar terwujud interaksi belajar yang harmonis.
3.      Mewujudkan semua persyaratan akademik yang telah ditempuh oleh mahasiswa sebelum pelaksaaan PPL
C.    Observasi Langsung ke Sekolah
Sebelum kegiatan PPL mahasiswa diserahkan oleh pihak STKIP-PGRI Pontianak kepaa pihak Sekolah yaitu pada tanggal 10 Agustus 2007.
D.    Observasi Kelas
Seelum melaksnakan latihan mengajar, terlebih dahulu diadakan oservasi kelas dimana dalam proses interaksi dapat memepertimbangkan bagaimana cara guru mengajar/menyampaikan mater pelajaran.
Dalam proses belaar mengajar ini mahasiswa dapat melihat cera langsung bagaimana situasi dan kondisi kelas sehingga dengan demikian diharpakan dapat memudahkan dalam melaksanakan lathan mengajar.
E.     Pelaksanaan Praktek Mengajar
1.      Penyusunan Perangkat Mengajar
Adapun tujuan penyususnan Perangkat Mengajar adalah sebagai acuan dalam menyampaikan materi agar siswa dalam pelaksanaannya terarah dan terorganisir dengan baik. Sedangkan yang terdapat dalam Perangkat Mengajar adalah sebagai berikut :
a.       Program Tahunan
b.      Program Semester
c.       Rencana Program Pengajaran
2.      Latihan Mengajar Terbimbing dan Mandiri
Dalam latihan mengajar saya selalu dibimbing oleh guru pamong setiap kali masuk kelas, kecuali jika guru pamong tersebut sedang ada keperluan lain, maka saya masuk sendiri (mengajar sendiri) tanpa guru pamong. Adakalanya mengantikan guru yang tidak masuk atau memberikan tugas kepada siswa jka tidak ada guru pada waktu itu.
3.      Ujian Praktek mengajar
Ujian praktek mengajar merupakan kegiatan akhir setelah angkaian kegiatan bertujuan untuk mengevaluasi sejauhmana mahasiswadapat mengembangkan seluruh potensi pembalajran yang telah disusun secara sistematis, terarah, dan terencana.
Ujian ini dilaksnakan pada tanggal 29 November 2007 di kelas II Otomotif yang dihadiri oleh guru pamon dan dosen pembimbing. Keberadaan mereka merupkan suatu penentu keberhasilan tidaknya mahasiswa PPL dalam melaksanakan kegiatana mengajar maupun kegiatan kependidikan lainya.











BAB III
PENUTUP
Paraktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu kegiatan wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa STKIP-PGRI dengan tujuan untuk mewujudka kemampuan mengajar dan mewujudkan semua persyaratan yang telah ditempuh oleh mahasiswa/i sebelum melakukan PPL.
Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMK BINA UTAMA Pontianak, maka dapat disimpulkan bahwa :
  1. PPL yang dilaksanakan oleh STKIP-PGRI Pontianak merupakanm upaya untuk memberikan latiahan kepada mahasiswa, setelah lulus nanti diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang berkualitas.
  2. dalam penyelenggaraan kurikulum dan faktorlain yang mendukung seperti disiplin sekolah berjalan baik berkat adanya kerjasama, semangat kekeluargaan dan saling percaya antara Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan seluruh personal sekolah yang selalu harmonis.
  3. pelayanan yang diberikan dengan baik dan adanya semanat azas kekeluargaan dari pihak sekolah, terutama oleh Guru Pamong kepada Mahasiswa PPL telah terlihat dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar